Cara Mudah Budidaya Puyuh Untuk Pemula

Cara budidaya puyuh – Burung puyuh saat ini banyak di jadikan sebagai hewan ternak diberbagai penjuru dunia bahkan di negara Indonesia.

Burung puyuh mempunyai banyak manfaat yang amat penting dalam kehidupan manusia, yaitu telur dan dagingnya mempunyai nilai gizi, proteinserta lemak yang bagus untuk pertumbuhan dan juga perkembangan tubuh. Memang, untuk beternak burung  puyuh ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Cara budidaya puyuh yang bisa anda coba ini antara lain ialah :

Cara Mudah Budidaya Puyuh Untuk Pemula

Lokasi yang tepat dalam beternak burung puyuh ini mempunyai beberapa kriteria pertama  ialah jauh dari keramaian dan pemukiman penduduk. Lokasi dan kandang sebaiknya mempunyai lokasi yang strategis yang mudah dijangkau oleh kendaraan supaya mempermudah proses distribusi.

  • Penyiapan bibit unggul

Dalam penyiapan bibit puyuh yang unggul ini harus memperhatikan dulu tujuan dalam pemeliharaan  puyuh tersebut. Dalam hal ini ada tiga tujuan dalam memelihara burung puyuh, yang pertama untuk produksi telur konsumsi maka di perlukan bubut ketam betina yang sehat, bebas dari penyakit. Yang kedu untuk produksi daging puyuh maka harus pilih bibit puyuh jantan dan betina petelur yang unggul.

  • Pemeliharaan burung puyuh

Dalam pemeliharaan burung puyuh ini ada beberapa point yang harus diperhatikan, pertama ialah pemberian pakan makan dan minum, pemberian pakan pada burung puyuh ini bisa berupa bentuk pallet, remah-remah dan juga tepung. Pada puyuh anakan ini alangkah lebih baik diberi pakan 2 kali dalam satu hari. Penerangan kandang dan sirkulasi kandang di dalam pemeliharaan burung puyuh ini harus diperhatikan ialah memperhatikan ketersediaan cahaya matahari yang cukup gar puyuh mendapat vitamin D yang cukup dan alami dari sinar matahari.

  • Panen dan pascapanen

Beternak puyuh petelur ini hasil utamanya yakni telur yang kaya akan nutrisi berupa protein yang tinggi. Bahkan telurnya dapat dipanen setiap hari sesuai dengan jumpah puyuh yang dibudidaya. Selain menghasilkan telur, puyuh juga menghasilkan daging afkiran. Sedangkan untuk pasca panen, kita dapat melakukan tindakan seperti pembersihan kandang, pengerukan dan juga pendistribusian telur ke pasar tradisional maupun rumah makan. Demikian beberapa cara budidaya ikan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply