Manfaat Lampu Fototerapi Untuk Pengurai Bilirubin Pada Bayi Kuning

Ketika baru lahir terkadang kulit bayi akan berwarna kekuningan, untuk mengurangi warna kuning tersebut para orang tua biasanya menjemur sang bayi di bawah sinar matahari. Akan tetapi dokter umumnya menyarankan supaya dilakukan fototerapi pada bayi. Tahukah anda apa fototerapi itu? Dan apakah memang benar-benar harus dilakukan pada bayi kuning?

jual lampu fototerapi bayi prematur

Fototerapi merupakan sebuah terapi dengan metode penyinaran sinar biru dan memiliki intensitas 425-475nm yang berguna untuk menghilangkan bilirubin tidak langsung pada tubuh bayi.

Lalu apa sebenarnya bilirubin itu?

Di dalam tubuh ada sebuah zat bernama bilirubin dimana ia adalah zat hasil pemecahan hemoglobin darah. Bilirubin ini terbagi menjadi dua jenis yaitu bilirubin langsung dan bilirubin tidak langsung.

Bilirubin langsung merupakan hasil pengolahan dari bilirubin tidak langsung yang dilakukan oleh hati dan mudah larut dalam air sehingga akan mudah dibuang melalui kotoran atas fases atau melalui urin. Sedangkan bilirubin tidak langsung adalah hasil pemecahan langsung dari hemoglobin darah yang mudah terikat dengan lemak, apabila kadar bilirubin tidak langsung cukup tinggi biasanya akan tersimpan pada lemak bawah kulit dan berakibat munculnya warna kuning pada kulit.

Secara normal bayi memang akan menguning di umur 2-4 hari pasca kelahiran. Namun apabila kuning ini muncul kurang dari 24 jam atau lebih dari 2 minggu pasca kelahiran atau warna kuningnya menyebar ke bagian tubuh lainnya seperti perut, tangan dan kaki maka bisa dikatakan ini tidak normal. Pada umumnya warna kuning hanya muncul pada bagian kepala, wajah serta dada.

Apabila muncul tanda diatas, segera lakukan pemeriksaan kadar bilirubin pada bayi dengan sampel darah, karena kalau hanya melihat warna kulit tidak akan bisa mengetahui secara tepat berapa kadar bilirubin sebenarnya.

Kasus seperti ini sering terjadi terutama pada bayi yang lahir prematur, sehingga perlu untuk dilakukan fototerapi. Fototerapi pada bayi prematur dilakukan dengan lampu fototerapi khusus yang telah disediakan. Alat ini biasanya di dapatkan oleh pihak rumah sakit atau klinik melalui toko atau distributor alat kesehatan yang jual lampu fototerapi bayi prematur. 

Didalam prosesnya bayi prematur akan di letakan pada inkubator dalam keadaan telanjang, kemudian diatasnya dipasang lampu fototerapi. Sinar yang dihasilkan oleh lampu ini akan berfungsi untuk menguraikan bilirubin tak langsung supaya menjadi zat yang bisa dibuang melalui urin atau empedu. Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada retina mata dan juga perubahan struktur genetik pada alat kelamin bayi, maka selama penyinaran mata serta alat kelaminnya harus ditutup. Perlu dingat, fototerapi ini hanya dilakukan untuk bilirubin tidak langsung bukan bilirubin langsung. Fototerapi ini dinyatakan berhasil apabila kadar bilirubin tidak langsung turun dan kembali ke kadar normal sesuai usia dan berat badan bayi yang bersangkutan.

Leave a Reply