Apa Perbedaan Virtual Reality Dengan Augmented Reality?

Berbicara tentang teknologi tidak akan pernah ada habisnya, pada akhir-akhir ini banyak mengalami perkembangan sangat cepat yang juga menyajikan beberapa kemajuan. Adapun yang sedang ramai dibicarakan pada saat sekarang ini ialah teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality.

Apa Itu Virtual Reality

studybreaks.com

studybreaks.com

Virtual Reality terdiri dua suku kata yaitu virtual dan reality yang memiliki arti maya dan realitas. Virtual Reality merupakan teknologi yang mampu berinteraksi dengan sebuah lingkungan yang disimulasikan oleh komputer.

Pada teknisnya, Virtual Reality digunakan demi menggambarkan lingkungan Visual  tiga dimensi yang dihasilkan menggunakan komputer dan mampu berinteraksi dengan seseorang.

Salah satu produk Virtual Reality yang paling sederhana ialah Google Cardboard karena produk tersebut hanya menggunakan kertas dan kardus. Google Cardboard belum terlalu memiliki banyak fungsi, namun dengan menggunakannya kamu dapat merasakan pengalaman Virtual Reality dengan cara menggabungkan smartphone yang mempunyai sensor gyroscpoe dengan Google Cardboard.

Teknologi Virtual Reality biasanya digunakan untuk medis, arsitektur, penerbangan, hiburan dan masih banyak lagi. Contoh penggunaan Virtual Reality ialah salah satunya seperti FPS (First Person Shooter) yang akan menjadikan penggunanya merasakan benar-benar berada dalam game tersebut.

Tidak hanya itu, Virtual Reality juga digunakan untuk foto dan video 360 derajat yang membuat penggunanya merasa berada di tempat tersebut.

Beberapa perangkat Virtual Reality yang lumayan populer lainnya ialah Oculus Rift. Produk tersebut dikembang oleh salah satu raksasa sosial media yaitu Facebook.  Oculus Rift menyuguhkan pengalaman berbeda bagi para penggunanya dalam memainkan sebuah game.

Selain Oculus Rift perangkat Virtual Reality lainnya ialah Samsung Gear VR, Playstation VR, HTC Vive dan Octagon VR yang telah dibuat oleh perusahaan di Bandung.

Pengertian Augmented Reality?

augmented reality

studybreaks.com

Untuk perangkat Augmented Reality yang mengambil perhatian para penggunanya ialah perangkat besutan perusahaan raksasa Microsoft yang dinamakan dengan Microsoft Hololens. Perangkat tersbut fokus terhadap penggabungan hologram tiga dimensi yang memiliki sifat Augmented Reality dengan dunia nyata.

Tidak hanya itu, Google Glass yang berbentuk kacamata merupakan sebuah penemuan teknologi mutakhir Augmented Reality yang memiliki banyak fungsi.

Banyak sekali manfaat yang bisa digunakan dengan menggunakan teknologi Augmented Reality tersebut. Diantaranya ialah untuk medis, komunikasi, dan manufaktur.

Demikianlah beberapa pengertian dan perbandingan antara Virtual Reality dan Augmented Reality. Pada intinya kedua teknologi tersebut sangat bermanfaat sekali demi menunjang kebutuhan hidup di era yang serba digital dan membutuhkan campur tangan teknologi seperti sekarang ini.

Leave a Reply