Rental Mobil Solo Museum Radya Pustaka: Museum Budaya dan Sejarah Jawa

Liburan ke Solo memang paling asyik jika menggunakan jasa rental mobil Solo. Dengan menggunakan  jasa ini, Anda bisa berkeliling ke berbagai tempat wisata Solo dengan mudah dan cepat. Nah, salah satu tempat wisata di Solo yang cukup menarik dikunjungi selama liburan adalah Museum Radya Pustaka. Museum yang berada dekat dengan Taman Sriwedari ini merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi barang antik dari Kerajaan Surakarta. Disini Anda bisa melihat berbagai koleksi barang-barang bersejarah dari kebudayaan Jawa.

Museum Radya Pustaka ini dibangun pada masa Paku Buwono ke IX. Dulunya museum ini merupakan tempat penyimpanan barang-barang berharga dan buku naskah kuno kerajaan. Namun setelah berkembangnya zaman, museum ini mulai menerima berbagai koleksi peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di tanah Jawa khususnya Surakarta. Sehingga sampai sekarang koleksi dari Museum Radya Pustaka sangat lengkap dan berjumlah ribuan. Mengunjungi museum ini selama liburan tidak hanya bisa mengisi waktu luang saja, tapi juga bisa sebagai tempat untuk belajar mengenai sejarah kebudayaan Jawa.

Museum Radya Pustaka yang letaknya di Jl Slamet Riyadi ini menyimpan banyak koleksi barang peninggalan Keraton Surakarta dan barang-barang bersejarah lainnya. Didalam museum ini dibagi menjadi beberapa ruangan berdasarkan jenis barang yang ada didalamnya. Salah satu ruangan yang wajib dikunjungi selama berkunjung ke Museum Radya Pustaka ini adalah ruangan koleksi Ethnografika. Didalam ruangan ini, Anda bisa melihat-lihat koleksi berupa peralatan tradisional yang berupa peralatan rumah tangga dan alat pertanian tempo dulu.

Selain itu, didalam ruangan ini juga disimpan peralatan upacara yang disebut dengan jodhang sesaji. Yang lebih menariknya lagi, di ruangan ini Anda bisa menemukan gamelan kuno yang diberi nama gamelan tunggal. Tidak seperti gamelan yang ada saat ini, gamelan tunggal ini termasuk alat musik tradisional yang terbuat dari kayu dan dimainkan dengan menggunakan dua tangan. Gamelan tunggal ini selain dimainkan dengan menggunakan dua tangan juga harus dimainkan dengan menggunakan kaki. Suara yang dihasilkan dari gamelan tunggal ini sangat khas dan unik.

Tidak hanya gamelan tunggal saja yang bisa ditemui di ruang koleksi ethnografika ini, disini juga dipajang berbagai alat kesenian khas Jawa yang usianya sudah ratusan tahun. Ada juga beberapa koleksi wayang yang dipajang di ruangan ini. Jika Anda masih belum puas melihat wayang di ruangan ini maka Anda bisa mengunjungi ruang koleksi wayang yang letaknya berdekatan dengan ruang ethnografika. Di ruangan wayang ini Anda bisa melihat ratusan wayang kulit khas Jawa dengan berbagai tokoh yang ada di pewayangan.

Ruangan lainnya yang wajib dikunjungi ketika berada di Museum Radya Pustaka ini adalah Ruang Rajamala. Koleksi ruang Rajamala ini merupakan tempat khusus untuk menyimpan haluan depan kapal atau Canthik Perahu Kyai Rajamala. Perahu ini merupakan perahu kerajaan yang digunakan untuk menjemput Puteri Adipati Cakraningrat yang berada di Bangkalan. Canthik ini membentuk tokoh pewayangan Rajamala yang sangat indah dan gagah. Sebenarnya canthik ini ada dua buah, satu di museum dan yang satunya lagi di Keraton Surakarta.

Selain ruangan-ruangan yang sudah disebutkan, di Museum Radya Pustaka ini juga terdapat banyak ruangan yang menyimpan koleksi arca, patung, keramik, dan berbagai benda peninggalan sejarah lainnya. Disini juga terdapat sebuah perpustakaan yang menyimpan berbagai koleksi buku kuno yang sangat penting bagi tanah Jawa. Masih banyak lagi hal menarik yang bisa Anda temukan di Museum Radya Pustaka ini. Untuk memudahkan dalam berkunjung ke museum ini sebaiknya Anda rental mobil Solo untuk memudahkan perjalanan Anda selama berlibur di Solo.

Rental mobil Solo untuk berlibur di Kota Solo wajib mengunjungi Museum Radya Pustaka. Disini Anda bisa menemukan berbagai koleksi benda sejarah khas Jawa.

Leave a Reply