Tata Cara Setting Jam Digital Sholat

Selama ini yang Anda ketahui bahwa jam berfungsi sebagai penunjuk waktu. Hampir disetiap tempat memiliki benda yang satu ini. Mulai dari bentuk yang klasik hingga paling modern sekalipun ada. Namun, kini jam dinding tidak hanya dijadikan sebagai penunjuk waktu saja melainkan telah bisa menjadi pengingat waktu sholat. Dengan adanya jam tersebut maka umat muslim bisa menjalankan aktivitasnya sehari-hari tanpa melupakan sholatnya. Jam yang dimaksud ini wujudnya berupa jam digitaldan Anda bisa menemukannya dengan mudah di masjid. Jika selama ini Anda hanya bisa menemukan jam digital sholat di masjid maka Anda bisa membelinya untuk dipasang di rumah. Dengan adanya jam digital pengingat sholat tersebut tentunya akan mempermudah Anda dan keluarga dalam melaksanakan ibadah sholat secara tepat waktu.

 

Cara setting pada jam digital sholat sebenarnya tidaklah sulit. Untuk bisa menampilkan waktu sholat, Anda bisa menggunakan cara manual. Pada jam digital pengingat sholat, tidak hanya bisa menampilkan waktu sholat saja namun juga bisa diatur untuk bisa menampilkan waktu iqomah serta imamnya. Sekalipun dalam mengatur jam digital pengingat sholat tidak harus memiliki keahlian khusus namun setidaknya Anda harus paham mengenai tata cara pengaturannya agar tidak salah.

menggunakan jam digital

Jika Anda hendak mengatur jam sholat wajib dan sholat lainnya, caranya adalah dengan cara menekan tombol menu lalu atur jam sesuai dengan waktu sholat. Untuk mengganti waktunya, Anda bisa menekan tombol up atau down. Sama halnya dengan jam, untuk pengaturan tanggal pun bisa diatur dengan cara menekan menu pengaturan tanggal lalu Anda tinggal mengaturnya sesuai dengan tanggal saat ini. Jadi nanti ketika sudah masuk waktu sholat jam tersebut akan berbunyi beep yang berarti mengisyaratkan muadzin untuk melakukan adzan. Untuk pengaturan waktu iqomah berbeda dengan pengaturan sholat, jadi ketika memasuki waktu iqomah yang muncul bukanlah suara beep melainkan tulisan. Pengaturan waktu iqomah tergantung dari kebiasaan masjid atau di rumah untuk memberikan jeda setelah adzan. Dengan adanya jam digital sholat ini tentunya kegiatan ibadah umat muslim menjadi lancar.

 

Leave a Reply